INFO TANAH ABANG




Pasar Regional Tanah Abang/Tanah Abang Regional Market

Berdasarkan informasi yang saya kumpulkan dari beberapa sumber, Pasar Regional Tanah Abang yang sudah berdiri sejak tahun 1735 adalah merupakan Pusat Perdagangan Tekstil terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Sebelum tahun 2003, wilayah pasar terbagi menjadi 3 area yaitu Metro Tanah Abang, Tanah Abang Lama, and Tanah Abang AURI.  Pada Februari tahun 2003 terjadi kebakaran besar yang menghanguskan hampir semua bangunan. Sisa bangunan yang masih berdiri adalah blok B, C dan D, sedangkan blok A sudah tidak layak pakai lagi dan langsung dirobohkan. Blok B, C, dan D yang pondasinya juga sudah tidak kuat lagi juga di robohkan setahun kemudian. Ditempat inilah mulai didirikan Blok A yang selesai pada tahun 2005, dan Blok B yang selesai akhir tahun 2010. Pembahasan mengenai pasar ini mungkin belum jelas ujungnya/akhirannya karna informasi disini merupakan hasil perburuan dan pengalaman saya yang hanya kurang lebih 4 bulan menjelajahi, jadi kemungkinan besar informasi ini akan diralat, diedit dan ditambah seiring dengan berjalannya waktu dan kesempatan saya untuk kembali .:)

Lokasi Pasar Regional Tanah Abang adalah di jalan KH. Mas Mansyur 10250.

Ada beberapa bangunan yang saya ketahui yang letaknya tidak berjauhan satu sama lain dinamai dengan Blok A sampai dengan Blok F (dalam bentuk kios-kios untuk pembelian dalam jumlah eceran dan grosir), Metro Pusat Grosir (kios kios dengan hanya penjualan grosir), Pertokoan Blok AA dan Blok BB /Kompleks ex kav AURI)/ pertokoan Ruko Alfa (pertokoan dengan penjualan dalam jumlah besar atau partai), Pasar Kaki Lima Kebon Dalam/gang depan Kelenteng (penjualan dengan sistem eceran dan kiloan), pertokoan Jembatan Tinggi (Tanah Abang Bukit).
Gedung Blok A
Lokasi: Terletak berdampingan dengan Blok B, berlantai 8 dimulai dari Lantai B1 sampai dengan Lantai 8, terdiri dari Los A sampai dengan Los H
Kondisi gedung dan kios: Terawat dan Full AC
Kondisi Toilet : Sedikit terawat. Tetap disarankan membawa Tissue Basah dan Tissue Kering.
Dari lantai B1 sampai lantai 7 terdapat  kios-kios yang  menjual pakaian jadi anak-anak sampai dewasa, pakaian muslim sampai pakaian kerja, tas-tas, aksesoris, bedcover & seprei, gordyn dan taplak meja, sandal dan sepatu dll. Bahan bahan pakaian produk lokal atau impor dapat ditemui hanya dilantai B1-B2 saja.
Penjualan pakaian jadi  adalah  secara grosir. tapi bukan berarti tidak dapat dibeli secara eceran, hanya saja harga akan jauh lebih mahal. Sementara penjualan bahan-bahan pakaian adalah secara meteran/yard. Dilantai 8 terdapat Food Court makanan lokal dan juga restoran franchise
Toko bahan pakaian yang direkomendasi adalah :
Dahlia Textile (B2, Los F), koleksi terbanyak bahan Yoryu dan Sifon, Tekstil Suryadi (B2, Los B), koleksi semua bahan katun lokal dan impor, Nadiratex (B2, Los B), koleksi bahan kebaya dan gamis lokal dan impor (india/malaysia)
Toko SURYADI
Gedung Blok B
Lokasi: Terletak berdampingan dengan Blok A, berlantai 5 dimulai dari Lantai B1-Lantai 5, Los A-Los H
Kondisi gedung dan kios: Terawat dan Full AC
Kondisi Toilet : Sedikit terawat. Tetap disarankan membawa Tissue Basah dan Tissue Kering.
Barang-barang yang dijual sama dengan Blok A, hanya saja di blok B lebih banyak barang yang dijual secara eceran.
Gedung Blok C
Lokasi : Terletak diseberang (sebelah kanan) blok B
Kondisi gedung dan kios: belum dijelajahi :)
Blok C merupakan gedung pertokoan yang digabung dengan pasar traditional.
Gedung Blok D
Belum dijelajahi :)
Gedung Blok E
Belum dijelajahi :)
Gedung Blok F
Gedung blok F terbagi menjadi Blok F Lama dan Blok F Baru (F2) yang bangunannya berdampingan.
Lokasi: Gedung blok F dan F2 terletak dibelakang Gedung Blok A dan Blok B.
Terus saja berjalan lurus dari lobby utama blok A ke arah belakang dimana terdapat pintu penghubung. Yang akan ditemui pertama adalah blok F Lama, apabila berbelok ke arah kanan dan berjalan lurus akan menemui blok F2.
Gedung Blok F lama
Lokasi : Tepat dibelakang Blok A dan Blok B
Kondisi gedung dan kios: Tidak Terawat, Tidak Ber-AC
Kondisi Toilet : Tidak terawat. Amat disarankan membawa Tissue Basah dan Tissue Kering.
Adalah merupakan salah satu gedung rangkaian Pasar Tanah Abang lama yang ada sebelum berdirinya Blok A-B pada tahun 2005 dan 2010. Blok F lama juga terdiri dari beberapa lantai. Dilantai dasar terdapat toko-toko seprei, bedcover dan selimut, baju batik, kain gordyn, taplak meja dan tutup aqua yang dibordir, dll. Sementara di lantai 2 terdapat pakain muslim dengan bordiran dan juga bahan-bahan Kaus (combed cotton) dan Jersey (cotton & synthetic blend). Mayoritas barang yang dijual di Blok F adalah pakaian Muslim, baik untuk anak maupun dewasa. Untuk pembelian tetap harus secara grosir dengan minimal 2 -3 buah per model. Selisih harga busana/kerudung muslim antar Blok A dan Blok F cukup lumayan. Misal saja, kerudung Chiffon tipis yang di blok A dijual 10 rb per satuan, di blok F hanya 15 rb per 2 buah.
Gedung Blok F Baru (Blok F2)
Lokasi : di belakang blok F lama.
Kondisi gedung dan kios: Sedikit Terawat, Ber-AC
Kondisi Toilet : Tidak terawat. Amat disarankan membawa Tissue Basah dan Tissue Kering.
Adalah gedung yang dibangun setelah Blok F Lama. Dilantai dasar bertebaran toko-toko bahan Tile, Organdi dan bahan-bahan puring, toko asesoris, dan toko jilbab/kerudung, baju koko dan peralatan sholat.
Dilantai 2, terdapat toko-toko peralatan jahit lengkap/alat-alat konveksi, toko label, toko kancing, toko bahan katun lokal, satin dan Flannel Cotton (Kain Kapas), toko bahan Felt, toko bahan puring (hero, double haicon dll.), toko tas dan kantong plastik dan yang paling mendominasi adalah toko aksesoris baju & aplikasi payet.
Gedung Pusat Grosir Metro Tanah Abang
Lokasi : Diseberang jalan (seberang Blok A-B) terdapat Gedung Pusat Grosir Metro Tanah Abang berlantai 6. Untuk mencapainya hanya melewati jembatan yang tertutup dengan anak tangga tepat didepan Blok B.
Kondisi gedung dan kios: Sedikit terawat
Kondisi Toilet : Tak terawat. Disarankan membawa Tissue Basah dan Tissue Kering.
Disini pembeli ditawarkan dengan sistem harus membeli 3-4 pakaian jadi untuk mendapatkan harga termurah (harga grosir). Barang yang digrosirkan tidak berbeda jauh dengan yang ditawarkan di Blok A sampai Blok F yaitu seputar busana dan produk tekstil lainnya. Selain itu disini juga bisa ditemui perlengkapan produksi busana seperti kancing, resleting, aksesoris, dan sebagainya.
Pertokoan Blok AA dan blok BB (kompleks ex kav AURI) dan Pertokoan Ruko Alfa
Lokasi : Disebelah kiri Blok A
Kondisi pertokoan: Sedikit terawat
Kondisi Toilet : Tak terawat. Disarankan membawa Tissue Basah dan Tissue Kering.
Merupakan pertokoan dengan penjualan dalam jumlah besar atau partai. Walaupun juga ada beberapa toko peralatan jahit yang menjual secara eceran.
Pasar Kebon Dalam (gang samping Kelenteng)
Lokasi : Terletak di sebelah kiri belakang dari Blok A.
Pasar berupa gang kecil dan sempit dimana pedagang kain kiloan (perca/potongan kain bahan seprei, jeans, katun flannel dll), renda, kancing dan alat alat bantu jahit lainnya berada di kiri kanan jalan. Disini juga terdapat bahan handuk, velboa, kain keras (blacu dll.), dacron isi, dacron papan dll. Semua bahan dijual kiloan atau per yard (90 cm). Harga berkisar 30 ribu-50 rb.
Pertokoan Jembatan Tinggi (Tanah Abang Bukit)
Lokasi dari mulai Jembatan Bongkaran Indah (BI)
Disini terdapat beberapa toko Mesin Jahit, Mesin Obras, Mesin Neci, Mesin Bordir dan peralatan jahit menjahit. Mesin-mesin yang dijual kebanyakan berkondisi Second atau Re-Condition. Saya membeli mesin jahit merek Singer yang Alhamdulillah dengan bentuk rupa dan kondisi mesin yang masih terbilang sangat baik. Mesin dijual hanya kepalanya saja (tidak dengan kaki seperti aslinya), namun mereka menyediakan meja sesuai ukuran dan juga dinamo yang harganya biasanya sudah termasuk dengan harga mesin jahit (1 paket).
Recommended Toko : Toko UD Barokah Putra danToko Elis, harga mesin jahit berkisar 600 rb keatas.



by: susanvalentina.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar